Minggu, 19 April 2015

Ibu Mertuaku😘

"Ibu Mertuaku"

Jujur, bukan tantangan yang mudah kalo seorang menantu perempuan diminta untuk menuliskan tentang ibu mertuanya. Mungkin sudah jadi "pendapat umum" deh yaaa...kalo hubungan antara kedua perempuan ini lebih banyak yang gak mulusnya dibanding yang berhasil harmonis hehehe...

Alhamdulillah, kebetulan banget saya mendapat karunia ibu mertua yang statusnya "aman" alias gak pernah berkonflik dengan menantu perempuannya (yg kebenaran emang cuman sayaah😜), jadi rasanya dalam kesempatan ini izinkan saya untuk bisa berbagi cerita tentang beliau yaa..

Saya memanggil ibu mertua saya dengan sebutan Mama Benhil, buat membedakan antara mama saya sendiri dengan beliau.  Kenapa Benhil? Ya karena mama rumahnya disitu jadi gampang memastikan mana "mama" yang dimaksud saat sedang ngobrol dengan suami hehehe...Nama asli mama benhil adalah Nurlela, hobbynya masak 2 jenis makanan, yaitu "masakan enak" dan "masakan enak bingiiits".  Jadi gak heran donk, kalo selama 15 tahun perkawinan sudah 15 kali lebaran saya selalu merayu mama untuk dimasakin hidangan lebaran komplit! Mulai dari ketupat, sayur pepaya cacah, semur daging, rendang sampai manisan buah atep. Mama Benhil adalah mama yang super pengertian.  Beliau tahu saya adalah perempuan tomboy yang gak doyan kedapur, jadi walaupun saya gak minta sekalipun...beliau pasti membuatkannya untuk mantunya ini. Duuuh! Nikmat manalagi yang tidak saya syukuri. I love u Ma....*lebaran udah deket yak! Mama gak lupa khan? Peluuuk duluu ah*

Satu hal yang unik dari Mama Benhil adalah sedikit bicara, banyak masak 😁! Seriuuus...ini memang tantangan buat saya untuk bisa bikin percakapan yang nyaman dan nyambung dengan beliau.  Dari sekian tahun saya mencoba, hal yang bisa membuat percakapan kami agak panjang rasanya cuma ada 3 yakni tentang almarhum Abah (bapak mertua saya), masakan/makanan dan cucu (2 anak dari saya dan suami).  Mama Benhil tipikal wanita  yang patuuuuuh...sekali pada suami.  Apa yang Abah bilang, rasanya beliau selalu menurut tanpa berupaya untuk berargumentasi.  Segala sesuatu yang berlaku dirumah *kecuali masak* rasanya hampir semua dilakukan atas inisiatif Abah, sehingga sangat terasa dampaknya buat Mama Bendhil saat kepergian Abah yang mendadak karena serangan jantung.  Butuh waktu yang cukup lama buat beliau untuk bisa move on.  Dari sini, saya belajar...dalam kehidupan berumah tangga perlu ada balancing antara suami dan istri.  Patuh pada suami bukan berarti menyerahkan segala sesuatunya pada suami.  Akan tetapi harus ada kolaborasi yang harmonis, sehingga ketika salah satu terpaksa harus tiada, maka bahtera yang ada tidak akan goyah.

Oke kembali ke mami mertukul saya hehehe...Alhamdulillah, sejak pulang berhaji 2 tahun lalu Mama Benhil akhirnya memutuskan dirinya untuk berhijab.  Tidak ada kata terlambat, karena yang penting gimana akhirnya bukan kapan mulainya.  Sebagai keturunan keluarga Arab, sebenarnya Mama Benhil sudah kenal hijab sejak lama.  Namun, rupanya hal tersebut tidak menjamin bahwa pemahaman tentang wajibnya berhijab bisa diterima secara utuh.  Kini, dengan berhijab mami mertukul saya ini jadi makin cantiiik...😘

Hubungan saya dengan Mama Benhil memang tidak sedekat dengan mama saya sendiri, tapi kalo saya boleh Ge-eR rasanya mama sayang kok sama saya😝.  Hal ini tanpa sengaja saya ketahui saat perbincangan antara asisten RT saya dengan adik ipar.  Dalam obrolan mereka, terucap kalau Mama Benhil sering membicarakan saya ke teman-teman arisannya, yang syukurnya adalah tentang hal positif terkait diri saya.  Aaaah...mamaaah! Ciyuuuus niiih😍? Buat saya ini berkah Allah, tatkala saya sering mendengar keluh kesah teman-teman saya tentang ibu mertuanya, saya justru merasa gak ada hal yang perlu saya keluhkan tentang beliau.  Semoga ini bisa berjalan seterusnya, bahkan bisa lebih baik lagi...seperti keeratan hubungan antara saya dan mama kandung saya.

Saya bersyukur pada Allah...karena mempunyai kesempatan memiliki 2 Kartini dalam kehidupan saya.  Semoga Allah senantiasa memuliakan mereka, mengabulkan setiap doa yang mereka panjatkan dan memberi mereka Rahmat atas setiap kasih sayang yang mereka berikan pada saya, suami dan anak-anak.

Selamat Hari Kartini buat semua perempuan Indonesia.😘



17 komentar:

  1. syukur ya mak mertuanya enak
    masak? weeeh
    @guru5seni8
    www.kartunet.or.id

    BalasHapus
  2. Beruntung sekali dikau mak. Ah jd mupeng saya. Oya mak. Banner kebkartiniannya dipasang atuh

    BalasHapus
  3. Beruntung sekali dikau mak. Ah jd mupeng saya. Oya mak. Banner kebkartiniannya dipasang atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaak! Maaap saya gak tau caranya hehehe, tadi aja mau posting sempet bingung tuuh.

      Boleh share gimana cara pasang bannernya?

      Hapus
  4. Balasan
    1. Bangga jadi perempuan Indonesia mak! Selamat Hari Kartini...kita teruskan apa yang sudah dimulai oleh RA Kartini yaitu menulis. Peluk Hangat....

      Hapus
  5. Halo Mak Murni, cara pasang bannernya, disave images saja, lalu di-add media ya :)
    Kalau kurang jelas, bisa colek makmin di grup.

    Senang banget ya punya mertua seperti Mama Benhil, apalagi jago masak, bisa bikin kita bahagia tiada tara saat lebaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Julii...maaap yah cara add media tuh gimana ya? Duuh maap sy tuh agak gaptek ya? Hihii...

      Iyaa mak, senanglah hatikuuh..

      Hapus
  6. Waaa senengnya punya ibu mertua yang suka masakin menantunya. Saya juga ga bs masak Mak :D. Semoga nanti saya dapet ibu mertua yg baik kaya mertua Mak Murni, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...semoga doa mbak vhoy terkabul yaa...

      Hapus
  7. Seneng ya kalo disayang mertua, apalagi mertuanya jago masak, kita bagian cuci2 piring aja lah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii....iyak betul kita bagian bebenah ajaaah hahaha....

      Hapus
  8. Waa...asyik mak, mertuanya pinter masak. Mertuaku pinter juga, tp dah sakit2an...kena DM, jadi nggak bisa lg nyicip masakan mertua yang enak. Salam kenal yaa...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh maak! Saya ikut prihatin yaaa buat mami mertukulnyaa semoga semangat beliau buat masak bisa tumbuh lagi.

      Salam kenaaal! Senang nambah kawan baru😁

      Hapus
  9. terimakasih mak atas partisipasinyaaa

    BalasHapus